5 MACAM PENA BEKAM (LANCING)

June 12th, 2012 by adminbekam Leave a reply »

Ada 4 macam pena bekam (lancing)  yang beredar di pasaran, dari 4 macam itu tentu ada yang terbaik, lalu apa pena bekam terbaik ?. Maka akan saya jelaskan pengalaman praktek dan menjual alat bekam di blog ini. Dalam memilih pena bekam (lancing) jangan terkecoh harga yang murah, tapi pilihlah yang berkualitas. Sebab alat ini bukankah kita gunakan selamanya. Maka pilih yang berkualitas, meski agak mahal, yang penting awet. Kalau pena bekam murah, biasanya kualitas jelek, mungkin digunakan 1-3 x saja sudah rusak. Berikut 4 macam pena bekam, mulai harga murah sampai mahal.

4 Macam Pena Bekam (lancing)

  1. Pena Bekam Plastik.
    Pena bekam ini berasal dari bahan plastik, harga paling murah, ada yg Rp.35.000 – Rp.50.000. Tapi perlu diingat, pena bekam ini yang jelas kualitasnya dibawah pena bekam stainless, samora, pena bekam stainless magig star. Pena bekam ini cocok jika dipakai untuk bekam sendiri. Kalau untuk bekam banyak orang tidak disarankan. Pengalaman menggunakan pena bekam ini yang jelas kurang awet, ada yg gampang rusak, ada yg bertahan agak lama. Berikut ini gambar pena bekam plastik :Pena Bekam Plastik
  2. Pena Bekam Stainless sammora (kw2)
    Pena bekam ini sekilas adalah full stainlees, padahal ada ciri khusus bahwa pena bekam ini bukan stainless full. Ada bagian dari pena bekam yang daru kuningan, yaitu bagian ujung ulir. Ujung ulir ini (tempat ulir pemasakangan jarum bekam) berasal dari kuningan, drat/ulir juga pendek, jadi gampang doll/rusak. Dipasaran harga pena bekam ini sama dengan pena bekam sammora yg full stainless. Jadi sebelum beli, pastikan memlilih yang full stainless. Ini gambar pena bekam sammora (kw2) :
  3. Pena Bekam Stainless (kw1)
    Pena bekam ini adalah pena bekam (lancing device) yang paling awet, karena bahannya semua dari stainlees. Stainless adalah bahan yang kuat, tahan karat. Pada awal muncul pena bekam, maka wadah pena bekam ini dari kotak seng, tapi sekarang sudah tidak ada. Semua diganti dengan wadah plastik. Pena bekam ini sangat awet, meski digunakan praktek bekam selama 4 tahun masih awet. Harga Kisaran pena bekam stainless (kw1) ini sekitar Rp.120.000 sampai Rp.130.000 tergantung toko penjual. Ciri alat ini ujung ulir penutup jarum dari stainless, ulir agak panjang. Jadi dapat dipastikan awet. Per pemantul juga lunak, jadi jika membekam banyak orang tidak capek jari tangannya. Ini gambar pena bekam sammora/magig star stainless :
  4. Pena Bekam Sammora Gold (ujung pingul 2)
    Pena bekam ini banyak beredar dipasaran, ciri utama adalah ujung penutup jarum ada 2 lubang pingul 2. Fungsi dari 2 lubang pingulan ini adalah agar Pena bekam ini bisa dimiringkan waktu penusukan, sehingga jarum yang menusuk kulit lebih pendek. Jadi jika kita posisikan pena bekam waktu menusuk, jarum pun lebih pendek yg menusuk kulit, semakin tegak pena bekam, maka semakin dalam tusukan jarum. Ciri-ciri pena bekam ini adalah bodinya full di lapisi kuningan. Per pemantul pena bekam ini paling keras jika dibandingkan dengan ke-3 pena bekam/lancing sebelumnya. Untuk harga pena bekam gold samoora ini harganya lebih mahal sedikit, antara Rp. 125.000- Rp. 140.000. tergantung toko yang menjual. Berikut gambar pena bekam sammora Gold (warna kuning) :